Publikasi pengaduan periode Tahun 2019


TINDAKLANJUT PENGADUAN

TOPIK PENGADUAN TINDAKLANJUT
Kendala pada sistem e-registration Tidak dapat input jenis klaim Sudah diteruskan dengan admin IT dan di TL
Persyaratan teknis status ereg yang sudah tidak berlaku Sudah dijelaskan dan ditindaklanjuti
Persyaratan teknis Tidak bisa unggah label Sudah dimintakan untuk mengemail rancangan labelnya beserta nomor ajunya, akan dibantu untuk upload
Persyarata n Administratif User id dan password tidak bisa login Sudah dijelaskan dan ditindaklanjuti
Persyaratan teknis Tambah BTP Na Asetat di 8.3.2 sudah disampaikan
Kendala pada sistem e-registration Nama Perusahaan tiba-tiba berubah mengapa? Telah dilakukan perubahan minor (perubahan nama perusahaan pada tgl 21 Januari 2019)
Kendala pada sistem e-registration Sudah Bayar Tetapi Status Belum Berubah Sudah ditindaklanjuti Admin IT
Kendala pada sistem e-registration Daftar Ulang Selalu Gagal Sudah Ditindaklanjuti Admin IT dan sudah bisa daftar ulang
Kendala pada sistem e-registration tidak bisa merubah takaran saji sudah ditindaklanjuti Tim IT dan takaran saji sudah bisa diubah
Kendala pada sistem e-registration Password tidak dapat digunakan / salah Sudah ditindaklanjuti dengan reset password
Kendala pada sistem e-registration SPB belum bayar sudah ditindaklanjuti dansistem sudah bisa mengeluarkan SPB
persyaratan teknis aju EREGXXXX kenapa ditolak perubahan yang dilakukan tidak sesuai dengan yang didaftarkan
Persyaratan Administratif Perubahan nama dan alamat Pabrik Sudah dijelaskan dan diarahkan melakukan pendaftaran produk baru dengan nama pabrik dan alamat baru
Kendala pada sistem e-registration Penolakan SPB Sudah diarahkan upload bukti pembayaran
persyaratan teknis Upload rancangan label gagal Sudah dijelaskan syarat upload rancangan label
persyaratan teknis Inputan Hasil Analisa ditolak sistem Sudah ditindaklanjuti dan sudah diperbaiki
persyaratan teknis Proses P5 Gagal Sudah dijelaskan dan arahkan perbaikan proses p5
Kendala pada sistem e-registration Status belum berubah, sudah bayar SPB Sudah berubah statusnya ketika pendaftar menelfon, jadi sudah ok
Kendala pada sistem e-registration tidak bisa memproses : EREGXXXX, EREGXXXY, EREGXXXZ Sudah ditindaklanjuti dan sudah berfungsi
Persyaratan teknis tidak menerima email jawaban konsul Sudah diemail ulang
Kendala pada sistem e-registration aju tidak ditemukan setelah SPB keluar sudah dicek dan dijelaskan dan aju bisa ditemukan
Kendala pada sistem e-registration Login ereg tidak bisa dibuka Sudah ditindaklanjuti, dan bisa login
Kendala pada sistem e-registration Informasi pada mobile Bpom Blum Update setelah melakukan P5 Sudah di Laporkan ke Admin IT
Kendala pada sistem e-registration Aju EREGXXXX sudah bayar namun status masih SPB Sudah dijelaskan dan ditindaklanjuti
persyaratan teknis Perbedaan TD dari petugas sudah dijelaskan dan dipahami oleh pendaftar
Kendala pada sistem e-registration EREGXXXX NIE berbeda di sistem dan prev nie sudah sudah ditindaklanjuti oleh IT an sudah diperbaiki
Kendala pada sistem e-registration Reset Password ereg Sudah ditindaklanjuti dan di reset password
persyaratan teknis Tambahan Data untuk mengupload hasil analisa (TD Berseri) sudah dijelaskan dan dipahami oleh pendaftar
Persyaratan Teknis Syarat Vitamin E tidak diterima Depkes sudah berkonsultasi dengan kepala seksi dan dijelaskan tentang persyaratan Vitamin E
Kendala pada sistem e-registration e mail tidak masuk SPB sudah dijelaskan dan sudah bisa
Kendala pada sistem e-registration NIE produk belum tercantum pada cekbpom sudah di TL dan sudah masuk cekbpom
Follow up follow up sudah disampaikan ke petugas terkait
Follow up username dan akun belum diproses sudah 11 hari sudah disampaikan ke petugas dan sudah di follow up
Follow up follow up sudah disampaikan ke petugas dan sudah di follow up
Kendala pada sistem e-registration tidak bisa edit ING pada 4 parameter, sedangkan yang lain bisa diteruskan ke tim IT dan sudah bisa edit ING
Follow up follow up sudah disampaikan ke petugas dan sudah di follow up
Follow up Permohonan persetujuan PSB Sudah ditindaklanjuti dan PSB sudah disetujui
Kendala pada sistem e-registration input takaran saji sudah ditindaklanjuti oleh tim IT dan sudah bisa input takan saji
Kendala pada sistem e-registration proses gagal saat akan daftar ulang (trouble system) sudah ditindaklanjuti tim IT dan proses sudah lancar
Kendala pada sistem e-registration input pati tapioka sudah ditindaklanjuti tim IT dan sudah bisa input
Kendala pada sistem e-registration tidak bisa mengupload revisi label rancangan label akan diemail dan akan dibantu untuk mengupload
Persyaratan Teknis aju EREGXXXX posisi di pendaftar namun status terakhir kekepala seksi oleh evaluator. ditindaklanjuti tim IT dan sudah dievaluasi
Persyaratan Administratif pnbp berbeda antara e-reg dengan billing id pnbp du mengacu pada Kategori Pangan sebelumnya
Persyaratan Teknis konsul TD EREGXXXX akan segera diproses petugas dan sudah konsul
Kendala pada sistem e-registration Tidak bisa login ke akun, akun selalu sedang aktif Sudah diinfokan ke petugas akun dan sudah bisa login
Kendala pada sistem e-registration Status masih pembayaran PSB, sedangkan sudah melakukan pembayaran Sudah diteruskan dengan petugas dan diperbaiki pada sistem
Kendala pada sistem e-registration status SPB tidak berubah, padahal sudah bayar disampaikan ke petugas keuangan dan status sudah diubah.
Kendala pada sistem e-registration berat bersih NIE berbeda sudah ditindaklanjuti bagian IT dan diperbaiki NIE
Kendala pada sistem e-registration SPB belum berubah diarahkan upload bukti bayar untuk pengecekan petugas dan status SPB sudah berubah
Kendala pada sistem e-registration Proses DU tidak bisa, masa berlaku NIE tgl 27/06/2019 diarahkan konsul dengan kasie dan sudah bisa Daftar Ulang (DU)
Kendala pada sistem e-registration regenerate SPB sudah diselesaikan oleh petugas
TOPIK PENGADUAN TINDAKLANJUT
Kendala pada sistem e-registration Status e-reg masih belum berubah (status belum bayar). Sudah ditindaklajuti langsung oleh petugas terkait
Kendala pada sistem e-registration QR code untuk aju berikut ini masih belum dapat di akses melalui aplikasi BPOM mobile (android). Sesuai penjelasan email,setelah PerKa mengenai 2D Barcode diterbitkan maka kendala akan teratasi. Namun saat kami melakukan cek menggunakan aplikasi BPOM mobile pada hari ini, data produk masih belum ditemukan. Mohon dapat menindaklanjuti agar QR code untuk aju tersebut dapat di implementasikan dengan baik, terlampir disampaikan file QR code yang dimaksud. Sudah ditindaklajuti langsung oleh petugas terkait
Follow up Assalamu Alaikum war wab Terima kasih balasan emailnya bapak/Ibu. Melalui email ini kai beritahukan bahwa sampai skrg status pengurusan produk kami belum ada perubahan, masih status Evaluator. Kami Sebagai perusahaan yang sangat baru, kembali memohon supportnya terkait hal ini. Operational kami sudah berhenti untuk varian ini selama 3 minggu. Mohon solusinya atas masalah yang kami hadapi. Terima kasih atas keluhan/pengaduan yang disampaikan. Kami sangat mengapresiasi masukan Anda dalam meningkatkan produk/layanan kami yang lebih baik lagi. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kami bagi pelanggan. Terima kasih.
Kendala pada sistem e-registration Hari ini kami menerima P5 Persetujuan untuk kedua No aju kami XXXX (Matah) dan XXXX (Geprek). Untuk P5 Persetujuan Sambal Matah tidak ada nomer dokumennya. Telah kami sampaikan perihal tidak adanya nomor surat pada surat persetujuan untuk aju XXXX (matah) kepada pihak IT, dan telah diperbaiki. Saat ini nomor aju tersebut akan di validasi ulang oleh Direktur Registrasi Pangan Olahan. Mohon ditunggu dan selalu di cek sistem eregnya. terimakasih
Follow Up jawaban yang sama sudah kami dapatkan 1 minggu yang lalu, tidak ada penjelasan secara terperinci perihal ini. tidak terbuka di publik. tq Terima kasih atas keluhan yang disampaikan. Kami sangat mengapresiasi masukan Anda dalam meningkatkan produk/layanan kami yang lebih baik lagi. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kami bagi pelanggan. Sebagai informasi, Akun Perusahaan saudara masih dalam antrian untuk dilakukan Penilaian, mohon kesediaannya untuk menunggu. Terima kasih.
Kendala pada sistem e-registration 2D barcode nya tidak terscan, sedangkan untuk PREV NIE nya terscan. Mohon Penjelasannya Terima kasih atas email yang telah disampaikan. Sehubungan dengan email Saudara terkait Klarifikasi Barcode, silahkan untuk melaporkan hal tersebut ke Pusdatin melalui email : barcodebpom@pom.go.id. Terima kasih. .
Persyaratan Teknis Sebelumnya kami telah melakukan pengajuan untuk menambahkan kategori pangan untuk pangan olahan kami ke dalam sistem data pabrik e-registration. Kami mohon dengan sangat agar pengajuan kami dapat segera untuk ditindaklanjuti agar perusahaan dapat segera melakukan proses pemasaran dikarenakan sebelumnya perusahaan sudah mengalami banyak kerugian akibat keterlambatan ini. Jika beberapa waktu ke depan sampai dengan hari Jumat belum dapat direspon maka pimpinan mengatakan akan menyelesaikan masalah tersebut ke Balai Besar BPOM di Jakarta. Maka kami mohon dengan sangat agar permohonan kami ini dapat segera ditindaklanjuti. Terima kasih Yth. Pimpinan PT WILRA MAHAKARYA INDONESIA Terima kasih atas email yang disampaikan. Menjawab email saudara, berikut kami sampaikan beberapa hal: 1. Terkait permohona percepatan, akan kami informasikan kepada Petugas terkait dan segera ditindaklanjuti. 2. Terkait keluhan Saudara, Kami sangat mengapresiasi masukan Anda dalam meningkatkan produk/layanan kami yang lebih baik lagi. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kami bagi pelanggan. Demikian. Terima kasih.
Kendala pada sistem e-registration Mohon maaf mengapa kami masuk dengan user ID dan password ini gagal terus ya? saat mau reset password juga tidak bisa, keterangannya user ID sedang aktif. Mohon periksa lebih lanjut. Terima kasih. Terkait kendala dalam registrasi akun perusahaan yang Saudara alami. Mohon untuk diinformasikan kepada kami nama perusahaan Saudara. Demikian disampaikan. Terima kasih
Persyaratan Teknis Mohon bantuannya untuk email diatas karena masih belum bisa melakukan kirim. Setelah kami telusuri untuk ketiga aju yang mengalami penolakan SPB EREGXXXX , EREGXXXY, EREGXXXZ) Billing ID tidak dapat ditemukan karena memang sudah melebihi timeline batas pembayaran yaitu 10 Hari. Terkait hal ini maka agar melakukan proses pendaftaran kembali untuk memperoleh SPB baru. Agar segera melakukan pembayaran, setelah mendapatkan SPB baru.
Pengaduan Umum "Saat ini saya masih tidak melakukan pendaftaran untuk konsultasi kasie melalui web http://registrasipangan.pom.go.id/index.php/beranda/konsultasi_anggota#" "Terima kasih atas email yang telah disampaikan. Sehubungan email saudara terkait kendala dalam pendaftaran konsultasi kasie, kami sampaikan bahwa pendaftaran konsultasi hanya dapat dilakukan setiap hari kamis pukul 09.00 sd 11.00 atau jika kuota sudah terpenuhi 105 pendaftar. Selain waktu tersebut , mohon maaf website tidak dapat digunakan. Silahkan melakukan pendaftaran konsul kasie sesuai jadwal yang ditentukan. Terima Kasih"
Kendala pada sistem e-registration "Sampai saat ini untuk No MD XXXX dan XXXY belum muncul perubahan P5 terakhir yaitu perubahan isi bersih sebelumnya hanya 170 ml menjadi 140 ml, 145 ml, 150 ml, 155 ml, 160 ml, dan 170 ml. Mohon untuk diperbaiki dalam sistem BPOM Mobile." Akan kami telusuri Pak. Segra kami tindak lanjuti perbaikannya. Dan sudah diperbaiki.
Persyaratan Teknis Mohon reply email kami tgl 9 Maret 2019. "Terima kasih atas email yang telah disampaikan. Sehubungan dengan email Saudara silahkan berikan penjelasan di detil log beserta data kerjasama lisensi tsb sesuai aju yg sdh disetujui. Terima Kasih
Kendala pada sistem e-registration "Terlampir berikut NIE yang masih belum tercantum di website cekbpom.go.id Mohon bantuannya untuk masalah ini." Terima kasih atas email yang telah disampaikan. Sehubungan dengan email Saudara terkait NIE produk yang belum tercantum, kami akan mengkonfirmasikan terlebih dahulu ke bagian terkait dan akan segera menginformasikan jawaban secepatnya melalui email ini. Terima kasih. NIE sudah ada di cek bpom
Kendala pada sistem e-registration "Sehubungan dengan email kami di bawah ini, apakah sudah ditindaklanjuti? Karena kami masih belum bisa melakukan perubahan pada aju tersebut, mohon bantuannya " Terima kasih atas email yang telah disampaikan. Sehubungan dengan email Saudara terkait Tidak dapat melakukan perubahan aju EREGXXXX, silahkan di cek kembali karena aju tersebut saat ini sudah dilakukan perubahan dengan nomor aju baru EREGXXXY. Terima kasih.
Pengaduan Umum "Kami mohon dengan sangat agar kami dapat segera mendapatkan jawaban dari email konsultasi kami. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan banyak terima kasih. Note : Apabila sampai dengan hari Rabu ini kami belum mendapatkan jawaban, apakah kami harus mendaftarkan konsultasi kembali pada hari kamis? Atau kami bisa bertemu dengan petugas konsultasi tanpa mendaftarkan terlebih dahulu?" Terima kasih atas email yang telah disampaikan. Sehubungan dengan email Saudara terkait konsultasi tambahan data, telah kami bantu sampaikan dan akan segera menginformasikan jawaban secepatnya melalui email ini. silahkan jika sdr/i jika ingin mendaftarkan konsultasi kembali silahkan mendaftarkan pada hari kamis.
Follow up "Follow Up produk pangan dengan nomor Aju EREGXXXX sudah 30 hari pada proses Evaluator - Proses Penilaian. Apa bisa dibantu agar dipercepat. Terima kasih" Sehubungan dengan email Saudara terkait Follow up registrasi pangan olahan, akan segera ditindaklanjuti oleh petugas terkait. Terima kasih. Sudah selesai
Persyaratan Teknis "Mohon maaf jika sedikit temperamen mohon maklum sy sdg bigung belum selesai2 ini registrasi.MDnya kpn keluar kalo seperti ini. 1. Mohon tolong sekarang apalagi yg salah dan apa yg mesti diisi lagi.,mohon kalo bisa saya jgn terlalu lama pak ,mohon dituntun biar tidak salah. 2. web bpom yang ada chat dibawahnya minta ya pak... Trimakasih pak" "1. bisa diinfokan perusahaan yang didaftarkan? 2. terkait surat PNBP 50% saat ini file yang anda upload tidak terbaca di sistem kami, karena menggunakan tanda baca. silahkan upload kembali tanpa menggunakan tanda baca yang dimaksud 3. untuk live chat, bapak bisa membuka web registrasipangan.po.go.id kemudian pada kolom pojok bawah di bagian kanan ada kolom kuning untuk tanya jawab via live chat"
Follow up "follow up EBTPXXXX yang sudah 1 bulan lebih belum ada evaluasi" Sehubungan dengan email Saudara terkait Follow up registrasi pangan olahan, akan segera ditindaklanjuti oleh petugas terkait. Terima kasih. Sudah dievaluasi
Persyaratan Teknis "Sehubungan dengan Pendaftaran No MD Baru untuk Produk Kami sebagai berikut : 1. Minuman Serbuk Kopi, Susu , Krimer ( Cappuccino ) Less Sugar 14 gram 2. Minuman Serbuk Kopi, Gula, Susu, Krimer Rasa Banana Latte 16 Gram Proses pengajuan pendaftaran produk diatas sangatlah lama (lebih dari 1 tahun - untuk produk no.1) sedangkan dalam upaya untuk peningkatkan Usaha melalui Persaingan Pasar Domestik & Export (dimana Pihak Pembeli dari Luar Negeri ada yang mempersyaratkan Produk tersebut harus sudah terdaftar dan memiliki Nomor Ijin Edar dari BPOM), hal ini merupakan hambatan besar bagi pengembangan usaha kami. Untuk mendukung peningkatan Persaingan Usaha dan Export, maka diperlukan Kecepatan dalam mengeluarkan No BPOM. Informasi yang kami dapatkan dari Pembeli Luar Negeri, Pengurusan Ijin dan Pendaftaran Produk Pangan di Luar Negeri sangat cepat. Maka dari itu, kami mohon kepada Bapak dan Ibu membantu agar Prosesnya lebih Cepat dan Tidak bolak balik (untuk permintaan data yang sama atau berulang atau malah kembali menjadi data yang mentah lagi sehingga masih perlu perbaikan data ulang/tambahan dikarenakan perbedaan pemahaman antara verifikator satu dengan yang lainnya). Hambatan ini perlu di Evaluasi Oleh Badan Pom salah satunya berkaitan kemampuan SDM Verifikator satu dengan lainnya dalam memenuhi Persyaratan pengajuan No MD. Usulan dan Masukan Kami adalah 1 Perusahaan atau Produk di handle oleh 1 Verifikator yang kemampuannya sesuai dengan bidang Produk yang diajukan sehingga Cepat dan Focus. Sehingga Hambatan Birokasi, Verifikasi dan Komunikasi lebih bisa Cepat dan Tepat. Kami akan berusaha untuk memenuhi semua permintaan dan menjawab secara Cepat, hanya mohon dibuat System antara Perusahaan Pangaju No MD dan Pihak yang mengeluarkan No MD ( Badan Bom ) Synergi bersama-sama saling membantu Kecepatan & Ketepatan, sehingga Pelaku Usaha bisa bersaing dengan Dunia International maupun Pengembangan Usaha di Dalam Negeri yang berdampak positif juga pada Lapangan kerja. Pihak terkait dari kami yang berhubungan dengan Badan POM dalam Pengurusan Pendaftaran Nomor Ijin Edar adalah Ibu Anita ( Person in Charge di PT. Aneka Coffee Industry dg email umum@anekacofee.com ). Demikian Permohonan Kami, besar harapan kami agar Bapak dan Ibu dapat membantu kami untuk merespon serta menerbitkan Persetujuan Ijin Edar atas Kedua Produk diatas lebih Cepat & Focus. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih." "Terima kasih atas keluhan/pengaduan yang disampaikan. Kami sangat mengapresiasi masukan Anda dalam meningkatkan produk/layanan kami yang lebih baik lagi. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kami bagi pelanggan. Permohonan sudah di lakukan penilaian."
Persyaratan Teknis Kami ingin mengajukan penambahan bahan baku selenium yeast, molybdenum yeast, chromium yeast untuk keperluan daftar ulang melalui ereg untuk produk pangan yang sebelumnya telah didaftarkan secara manual di Dit RPO. Mohon konfirmasinya apakah perlu didaftarkan terlebih dahulu melalui Dit. SPP? Mengingat pada konsultasi via email terlampir, kami dapat mengajukan penambahan secara langsung melalui help desk. "Terima kasih atas email yang disampaikan. Mengenai penambahan bahan baku selenium yeast, molybdenum yeast, chromium yeast terkait daftar ulang produk, akan didiskusikan terlebih dahulu dilingkungan Direktorat , apakah sudah ada kajian sebelumnya produk tersebut sebagai bahan baku . Demikian kami sampaikan. Terima kasih. "
TOPIK PENGADUAN TINDAKLANJUT
Persyaratan administratif Pendaftar tidak tahu bahwa penolakan pada pendaftaran akun adalah tambahan data yang harus dipenuhi. Sudah dijelaskan bahwa maksud dari penolakan tersebut adalah agar pendaftar melengkapi tambahan data. Setelah tambahan data dilengkapi, akan dievaluasi kembali oleh evaluator aku.
Kendala pada sistem e-registration Pendaftar tidak mendapatkan SPB via email Penyebab: email yang digunakan adalah email coorporate yang kemungkinan membatasi email yang masuk. Sudah ditindaklanjuti
Kendala pada sistem e-registration QR code terlalu kecil, pendaftar meminta resolusi diperbaiki. Sudah dijelaskan bahwa untuk resolusi yang besar, QR code yang diunduh adalah QR Code dari PREV 2D BARCODE, bukan dari PREV NIE.
Kendala pada sistem e-registration e-reg tidak dapat diakses. sudah disampaikan kepada tim IT dan sudah ditindaklanjuti.
Persyaratan administratif Sudah lewat masa NIE, apakah bisa daftar ulang. Sudah dijelaskan bahwa jika NIE sudah melewati masa berlaku, maka tidak dapat dilakukan daftar ulang
Pengaduan Umum Pendaftar tidak dapat mengakses pendaftaran Konsultasi dengan Kepala Seksi Sudah disampaikan bahwa: Pendaftaran konsultasi dengan Keala Seksi hanya dapat dilakukan pada hari Kamis pukul 09.00-11.00 WIB. Kuota untuk 1 minggu terbatas untuk 105 pendaftar. Jika kuota sudah penuh, mohon untuk melakukan pendaftaran pada minggu berikutnya
Persyaratan Teknis Berat bersih tidak lengkap pada print NIE Sudah dijelaskan bahwa terdapat maksimal karakter untuk pencantuman berat bersih. Jika berat bersih melebihi batas karakter, maka tidak muncul pada NIE. Disarankan untuk mendaftarkan dengan kemasan yang memang akan diedarkan saja.
Kendala pada sistem e-registration Pendaftar sudah melakukan pembayaran sesuai SPB tetapi belum ada perubahan status pada ereg Sudah ditindaklanjuti oleh tim IT. Status pada e-reg sudah berubah.
Kendala pada sistem e-registration Pendaftar ingin mengubah email pada akun Sudah ditindaklanjuti oleh tim IT. Email sudah berubah sesuai email baru.
Kendala pada sistem e-registration Pendaftar tidak bisa reset password Sudah dilakukan pengecekan dan terdapat perbedaan email. Pendaftar disarankan untuk berkirim surat.
Kendala pada sistem e-registration Aju yang didaftarkan tidak terdapat pada list “Perubahan”, sehingga saat ini kami tidak bisa melakukan perubahan aju tersebut. Sudah ditindaklanjuti oleh tim IT. Aju sudah masuk dalam list Perubahan
Kendala pada sistem e-registration Menu daftar ulang tidak muncul Sudah ditindaklanjuti oleh tim IT. Aju sudah masuk dalam list Perubahan dan dapat dilakukan proses daftar ulang
Kendala pada sistem e-registration Pendaftar tidak bisa log in e-reg dengan user yang diberikan Akun sudah direset. Pendaftar sudah dapat melakukan log in.
TOPIK PENGADUAN TINDAKLANJUT
Pengaduan Umum Percepatan proses pelayanan publik dan optimalisasi live chat Akan terus dilakukan perbaikan pelayanan publik. Live chat akan dioptimalkan.
TOPIK PENGADUAN TINDAKLANJUT
Pengaduan Umum Ybs dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan mendapat pengaduan dari masyarakat yang melaporkan ada 6 anak SD mengonsumsi permen XXXX Tablet Candy dengan nomor registrasi MDXXXX, produksi: PT. XXXX mengalami gejala pusing dan mual. Kejadian di SDN 02 Kajen Pekalongan, permen dibeli di penjual setempat. Apakah BPOM pernah memberikan klarifikasi terkait produk tersebut sebagai dasar penjelasan ke masyarakat karena dari penelusuran untuk kasus dengan pabrikan tersebut ybs hanya menemukan klarifikasi dari produsen untuk kasus di Mojokerto? Terkait hal tersebut, akan kami rujuk ke Unit terkait untuk ditindaklanjuti. Kami akan informasikan secepatnya.
Pengaduan Umum Ybs dari Balai Besar POM di Denpasar, menerima pengaduan untuk produk Es Krim Rasa Vanila merk XXXX dengan kemasan Plastik (700 ml), mohon info : 1. Netto yang tercantum pada label kemasan yakni 700ml merupakan netto saat produk masih cair atau sudah dalam bentuk es/beku? 2. Pada saat dilakukan pengukuran dengan gelas ukur untuk kemasan yang digunakan memiliki netto 700ml saat diisikan dengan air, namun saat sudah menjadi es/beku ukurannya berada dibawah kemasan tsb (kurang dari 700ml). Konsumen tsb menganggap seharusnya saat sudah menjadi beku netto produk melebihi dari kemasan karena terdapat pengembang pada produk. Kenapa netto yang tercantum pada label kemasan produk tidak sesuai? Sesuai perBPOM no 27 tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan, Berat bersih atau isi bersih adalah pernyataan pada label yang memberikan keterangan mengenai kuantitas atau jumlah pangan olahan yang terdapat di dalam kemasan atau wadah. Berat bersih atau isi bersih merupakan pernyataan dari produsen.
Pengaduan Umum Yang bersangkutan melaporkan pada Hari Senin, 25 Februari 2019 telah membeli AMDK kemasan 220 mL sebanyak 1 dus dengan merk XXXX di Kantin Pemda XXXX, sekitar pukul 09.00 WITA. Salah satu peserta acara menemukan 1 buah kemasan yang di dalamnya terdapat 1 ekor serangga (tawon). Kemasan tersebut disimpan dan diserahkan kepada pihak loka POM Palopo keesokan harinya (26/3/19). Sebelumnya terimakasih atas pengaduan yang disampaikan, Air Minum dalam Kemasan dengan nama dagang XXXX saat ini sudah teregistrasi dengan nomor MD XXXX (01-11-2018 s/d 01-11-2023). Terkait adanya hewan agar dikoordinasikan lebih lanjut / menunggu tanggapan dari Direktorat Pengawasan Pangan Risiko Rendah dan Sedang sehingga dapat dilakukan tindak lanjut oleh Loka POM setempat.
Kendala pada sistem e-registration Ybs sedang melakukan pendaftaran perusahaan di akun e-registration pangan olahan, dan sudah melakukan beberapa kali perbaikan dikarenakan alasan berbeda, yang pada perbaikan pertama tidak diinformasikan terkait kesalahan tersebut. Ybs meminta agar evaluasi dilakukan dengan menyeluruh agar perbaikan tidak dilakukan berkali-kali sehingga memakan waktu lebih lama. Ybs sudah melakukan perbaikan terakhir sejak tgl 4 April 2019 dan hingga saat ini belum ada informasi apakah pengajuan di terima atau di tolak ? Mohon info. Disampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanannya, akan kami sampaikan ke unit terkait untuk dapat mengevaluasi kembali petugas-petugas pelayanan publik.
Pengaduan Umumn Ybs menyampaikan keluhan terhadap petugas pengangkat telepon Direktorat Registrasi Pangan Olahan di nomor 081399133050 (ybs menelepon tanggal 23 April 2019 jam 11 kurang). Menurut ybs petugas tersebut tidak sopan dalam memberikan informasi mengenai proses registrasi (ybs tidak sempat menanyakan nama petugas tersebut). Ybs hanya ingin mengetahui mengapa proses pengajuan registrasinya sangat lama dan respon yang didapat dari petugas tsb tidak menyenangkan dengan kata-kata bahwa tidak hanya perusahaan ybs saja yang melakukan pendaftaran tetapi banyak perusahaan lainnya sehingga membutuhkan waktu yang lama. Mohon agar dapat dievaluasi terhadap petugas yang mmberikan layanan, terutama layanan via telepon. Disampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanannya, akan kami sampaikan ke unit terkait untuk dapat mengevaluasi kembali petugas-petugas pelayanan publik..
Pengaduan Umum Ybs mengadukan mengapa untuk mendaftar konsultasi pangan di website http://registrasipangan.pom.go.id/ tidak dapat diklik bagian pendaftarannya? Ybs telah mencoba melakukan registrasi sejak sebelum jam 09.00 WIB hingga 09.30 namun tetap tidak dapat melakukan registrasi. Ybs mengeluhkan bahwa kejadian ini sudah terjadi sejak 3 minggu yang lalu dan selalu tepat jam 09.00, namun tetap tidak bisa mendaftar. Ybs merasa kesulitan untuk melakukan konsultasi, dimana hal ini merupakan suatu urgensi untuk perusahaan ybs. Mohon BPOM melakukan tindak lanjut terkait hal ini, karena disamping menyebabkan ketidaknyamanan, proses registrasi juga terganggu karena pemenuhan tambahan data jadi tidak dapat dilakukan selama 30 hari kalender. "Kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Pada saat open untuk pendaftaran Konsultasi Kepala seksi kemarin Kamis tanggal 16 Mei 2019, mohn maaf subsite http://registrasipangan.pom.go.id/ sedang error (sistem down dari Pusat Data dan Informasi) , sehingga pendaftaran konsultasi dari jalur email, live chat dan call centre. Untuk konsultasi kepala seksi, pada Bulan Ramadhan memang kuota lebih terbatas dari biasanya karena pelayanan sampai pukul 11.30. Perusahaan agar log in tepat waktu pukul 09.00 ke subsite untuk mendaftar. Mohon maaf sebgai tambahan informasi, PT. XXXX Internasional telah melakukan konsultasi di minggu pertama di Bulan Ramadhan, sehingga belum dapat dijadwalkan kembali. Selama 1 Bulan kuota konsultasi untuk satu perusahaan adalah satu kali, jika pada bulan biasa bisa melakukan konsultasi 2x. "
Pengaduan Umum Ybs mengadukan mengapa untuk mendaftar konsultasi kasie pangan di website http://registrasipangan.pom.go.id/ tidak dapat diklik bagian pendaftarannya? Ybs telah mencoba registrasi sejak jam 09.00 WIB namun tetap tidak dapat melakukan registrasi. Ybs mengeluhkan bahwa kejadian ini sudah terjadi sejak 3 minggu yang lalu namun tetap tidak bisa mendaftar. Ybs merasa kesulitan untuk melakukan konsultasi, dimana hal ini merupakan suatu urgensi untuk perusahaan ybs. Mohon BPOM melakukan tindak lanjut terkait hal ini, karena disamping menyebabkan ketidaknyamanan. "Kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk konsultasi kepala seksi, pada Bulan Ramadhan memang kuota lebih terbatas dari biasanya karena pelayanan sampai pukul 11.30. Perusahaan agar log in tepat waktu pukul 09.00 ke subsite untuk mendaftar. Namun mohon maaf saat open untuk pendaftaran Konsultasi Kepala seksi kemarin Kamis tanggal 16 Mei 2019, subsite http://registrasipangan.pom.go.id/ sedang error (sistem down dari Pusat Data dan Informasi) , sehingga pendaftaran konsultasi dari jalur email, live chat dan call centre. Jika bagi pendaftar yang belum mempunyai akun ereg, bisa mendaftarnya melalu email penilaianpangan@pom.go.id setiap hari kamis jam 09.00-11.00, dan nanti petugas email akan konfirmasi ke petugas yang mengatur jadwal konsultasi Kepala Seksi untuk dapat dijadwalkan atau tidak. Silahkan menghubungi layanan konsultasi kami di : email : penilaianpangan@pom.go.id call center : (021) 4244691(ext.1057), 081399133050 livechat di subsite : akses melalui website registrasipangan@pom.go.id "
Lainnya Ybs mengadukan mengapa untuk mendaftar konsultasi pangan di website http://registrasipangan.pom.go.id/ tidak dapat diklik bagian pendaftarannya? Ybs telah mencoba melakukan registrasi sejak sebelum jam 09.00 WIB hingga 09.30 namun tetap tidak dapat melakukan registrasi. Ybs mengeluhkan bahwa kejadian ini sudah terjadi sejak 3 minggu yang lalu dan selalu tepat jam 09.00, namun tetap tidak bisa mendaftar. Ybs merasa kesulitan untuk melakukan konsultasi, dimana hal ini merupakan suatu urgensi untuk perusahaan ybs. Mohon BPOM melakukan tindak lanjut terkait hal ini, karena disamping menyebabkan ketidaknyamanan, proses registrasi juga terganggu karena pemenuhan tambahan data jadi tidak dapat dilakukan selama 30 hari kalender. "Kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk konsultasi kepala seksi, pada Bulan Ramadhan memang kuota lebih terbatas dari biasanya karena pelayanan sampai pukul 11.30. Perusahaan agar log in tepat waktu pukul 09.00 ke subsite untuk mendaftar. Namun mohon maaf saat open untuk pendaftaran Konsultasi Kepala seksi kemarin Kamis tanggal 16 Mei 2019, subsite http://registrasipangan.pom.go.id/ sedang error (sistem down dari Pusat Data dan Informasi) , sehingga pendaftaran konsultasi dari jalur email, live chat dan call centre"
Lainnya Ybs mengadukan mengapa untuk mendaftar konsultasi pangan di website http://registrasipangan.pom.go.id/ tidak dapat diklik bagian pendaftarannya? Ybs telah mencoba melakukan registrasi sejak sebelum jam 09.00 WIB hingga 09.30 namun tetap tidak dapat melakukan registrasi. Ybs mengeluhkan bahwa kejadian ini sudah terjadi sejak 3 minggu yang lalu dan selalu tepat jam 09.00, namun tetap tidak bisa mendaftar. Ybs merasa kesulitan untuk melakukan konsultasi, dimana hal ini merupakan suatu urgensi untuk perusahaan ybs. Mohon BPOM melakukan tindak lanjut terkait hal ini. "Kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk konsultasi kepala seksi, pada Bulan Ramadhan memang kuota lebih terbatas dari biasanya karena pelayanan sampai pukul 11.30. Perusahaan agar log in tepat waktu pukul 09.00 ke subsite untuk mendaftar Namun mohon maaf saat open untuk pendaftaran Konsultasi Kepala seksi kemarin Kamis tanggal 16 Mei 2019, subsite http://registrasipangan.pom.go.id/ sedang error (sistem down dari Pusat Data dan Informasi) , sehingga pendaftaran konsultasi dari jalur email, live chat dan call centre."
Lainnya Ybs menghubungi operator Badan POM untuk minta disambungkan ke IT Registrasi Pangan Olahan ingin menanyakan terkait masalah akun e-registration pangan olahan ybs yang mengalami kendala, setelah berhasil disambungkan ybs menjelaskan masalah yang ybs alami namun petugas yang menjawab saat itu tidak menjawab telepon sebagaimana petugas pelayanan publik, petugas menanyakan dengan tata bahasa yang kurang sopan seperti "ini siapa? darimana? dengan nada yang tidak ramah. Ybs tidak menjelaskan nama diawal karena ybs pikir sudah menjelaskan pada saat awal menghubungi operator, dikarenakan ybs kurang berkenan dengan cara petugas menjawab, ybs langsung memutus telp tersebut tanpa tahu siapa nama petugas yang menerima saat itu, ybs menyarankan agar Badan POM mengevaluasi terkait cara petugas dalam melayani masyarakat luar yang menghubungi via telepon "Kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Sebagai data konsultasi melalui layanan Call centre Dit. Reg Pangan Olahan , petugas memang menanyakan di awal untuk nama dan asal perusahaan. Mohon maaf jika intonasi petugas kami kurang menyenangkan. Akan kami jadikan masukan untuk evaluasi petugas pelayanan agar lebih baik lagi."
TOPIK PENGADUAN TINDAKLANJUT
Nihil Nihil Nihil
Nihil Nihil Nihil
Nihil Nihil Nihil

CATATAN :

Pengaduan yang dipublikasi merupakan pengaduan yang bersifat umum, sedangkan yang bersifat rahasia perusahaan tidak ditampilkan dalam publikasi ini.