Pendaftaran Pangan Secara Elektronik

Pendaftaran pangan olahan dengan sistem layanan elektronik (e-registration) merupakan rangkaian kegiatan pelayanan pendaftaran pangan yang berbasis elektronik yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pendaftaran pangan olahan agar lebih cepat, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
 
Alur proses pendaftaran melalui sistem e-registration terdiri dari tahapan pendaftaran akun perusahaan dan pendaftaran produk pangan olahan.
 
 
a. Pendaftaran Akun Perusahaan
 
Perusahaan yang akan mengajukan e-Registration Pangan Olahan harus melakukan pendaftaran akun perusahaan terlebih dahulu untuk mendapatkan user ID dan password. Pendaftaran akun perusahaan dilakukan melalui website Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan alamat http://www.pom.go.id.
 
b. Pendaftaran Pangan Olahan
 
Perusahaan yang telah mendapatkan user ID dan password dapat melakukan Pendaftaran produk pangan olahan. Pendaftar melakukan pengisian data pendaftaran, mengunggah dokumen pendaftaran, serta mengirimkan/menyerahkan hasil analisa asli ke loket pelayanan. Selanjutnya, data pendaftaran akan diverifikasi, dievaluasi, dan divalidasi.
 
Waktu Pendaftaran
 
Verifikasi dan evaluasi data pendaftaran dilakukan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja. Jika berdasarkan verifikasi dan evaluasi diperlukan tambahan dan/atau klarifikasi data, maka akan disampaikan permintaan tambahan dan/atau klarifikasi data kepada pemohon secara elektronik. Paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah diterimanya permintaan data, pemohon harus menyerahkan tambahan dan/atau klarifikasi data.
 
Keputusan dapat berupa:
  • - penerbitan Izin Edar
  • - penolakan permohonan 
  • - permintaan tambahan data

Prosedur