Berdasarkan paparan hasil survei sebelumnya, dapat disimpulkan sesuai tujuan
penelitian sebagai berikut:
1. Kinerja penyelenggaraan pelayanan yang telah dilaksanakan Dit. PKP Badan POM tahun 2017
menurun dibandingkan tahun sebelumnya Baik Layanan Manual dan Layanan E-Registrasi.
2. Indeks kepuasan pelanggan total tahun 2017 diperoleh skor sebesar 76.77 (Menurun 0.89
poin). Nilai Indeks Kepuasan Layanan E-Registrasi menurun 0.75 poin menjadi 76.67,
sedangkan Indeks Kepuasan Layanan Pendaftaran manual turun sebesar 0.44 poin menjadi
78.29
3. Secara keseluruhan kualitas layanan Dit. PKP Badan POM, baik layanan E-Registrasi maupun
Layanan Manual termasuk dalam kategori Baik.
4. Hal yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan pada pelayanan e-registrasi adalah : Aspek
Kompetensi Petugas Layanan, Prosedur Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan, serta
Persyaratan Pendaftaran Sedangkan prioritas perbaikan kedua adalah aspek waktu Layanan
5. Hal yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan pada pelayanan pendaftaran manual adalah
: Aspek Persyaratan Pendaftaran, Prosedur Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan,
aspek Waktu Layanan dan Produk Layanan, Sedangkan prioritas perbaikan kedua adalah :
Kompetensi Petugas Layanan, Prosedur Pelayanan, dan Maklumat Pelayanan
6. Sebagian besar responden merasa kurang puas terhadap Prosedur Pelayanan karena
informasi yang kurang jelas baik dari evaluator maupun informasi yang tertera website
pendaftaran, sehingga meskipun melakukan pendaftaran e-regstrasi, pendaftar masih harus
datang ke kantor.
7. Fasilitas pengaduan keluhan dan saran yang dinilai responden memberikan respon terbaik
adalah melalui telepon