Kepada Yth.

Seluruh Produsen & Importir/Distributor Pangan Olahan

Di Seluruh Indonesia

PENGUMUMAN

NO.HM. 01.01.52.06.19.2911

TENTANG

PERUBAHAN ALUR PROSES REGISTRASI PRODUK AIR MINUM pH TINGGI,  KOPI BUBUK DEKAFEIN DAN KOPI INSTAN DEKAFEIN SERTA SELF-ASSESMENT PRODUK DENGAN KLAIM ISOTONIK

Sehubungan dengan evaluasi kategorisasi risiko pendaftaran pangan olahan pada sistem registrasi pangan olahan secara elektronik (e-registration.pom.go.id), bersama ini disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Perubahan Alur Proses Registrasi Produk Air Minum pH Tinggi, Kopi Bubuk Dekafein dan Kopi Instan Dekafein

Per tanggal 1 Juli 2019, registrasi produk Air Minum pH Tinggi, Kopi Bubuk Dekafein dan Kopi Instan Dekafein dilakukan perubahan registrasi yaitu:

  1. Perubahan alur proses dari tingkat risiko rendah dengan proses notifikasi melalui pra-penilaian menjadi tingkat risiko sedang dengan proses penilaian lebih lanjut oleh petugas setelah dilakukan pembayaran biaya evaluasi. Pertimbangan perubahan alur tersebut antara lain produk Air Minum pH Tinggi tidak termasuk dalam ketentuan SNI wajib, Kopi Bubuk Dekafein dan Kopi Instan Dekafein perlu pembuktian kadar kafein anhidrat untuk memenuhi karakteristik dasar produk.
  2. Perubahan persyaratan hasil analisa dari tanpa persyaratan menjadi wajib hasil analisa cemaran kimia, mikrobiologi dan karakteristik dasar sesuai kategori pangan untuk menjamin terpenuhinya persyaratan keamanan, mutu dan gizi pangan olahan.

2. Self-AssessmentProduk Dengan Klaim Isotonik

Per tanggal 1 Juli 2019 pada e-registration.pom.go.id diberlakukan self-assessment untuk klaim isotonik. Registrasi produk dengan klaim isotonik harus melakukan:

  1. Pemilihan kategori pangan yang sesuai dengan produknya
  2. Pemilihan klaim isotonik dengan melakukan input hasil analisa sesuai dengan persyaratan klaim isotonik pada Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Pengawasan Klaim Label dan Iklan Pangan
  3. Produk yang memerlukan pengenceran untuk dikonsumsi maka input persyaratan klaim isotonik zat gizi Karbohidrat, Natrium dan Kalium diinput sebagai produk siap konsumsi. Sedangkan zat gizi lainnya diinput sesuai hasil analisa produk.

Demikian untuk diketahui

Dikeluarkan di : Jakarta

Pada Tanggal   : 27 Juni 2019

Direktur Registrasi Pangan Olahan

Anisyah, S.Si., Apt., MP