Webinar Registrasi Pangan Olahan : Dukungan Badan POM terhadap UMKM Pangan Olahan

 

Selama masa pandemi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) tetap hadir untuk mendukung pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui Direktorat Registrasi Pangan Olahan, Badan POM mengadakan kegiatan Seminar berbasis online atau yang biasa dikenal dengan Webinar. Webinar yang dilaksanakan mengusung tema besar yaitu “Registrasi Pangan Olahan” yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha terutama UMKM pangan terkait registrasi pangan olahan.

Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2020 dengan narasumber Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan,  Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si. Sebanyak 90 peserta telah mengikuti pelaksanaan webinar perdana tersebut. Peserta-peserta webinar ini merupakan perwakilan dari Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU), Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKINDO), Perkumpulan Gerakan Ok Oce, dan UMKM lainnya. Jenis produk pangan olahan dari peserta webinar pun beragam, di antaranya : makanan ringan siap santap, daging dan produk daging, minuman, ikan dan produk perikanan, bakeri, dan lainnya.

Selain pemaparan materi oleh narasumber, pelaksanaan webinar juga memberi kesempatan kepada para peserta untuk bertanya dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Hal ini dilakukan agar peserta mampu mengaplikasikan materi webinar yang telah disampaikan sesuai dengan kebutuhan produk pangan olahannya masing-masing.

Pada masa pandemi seperti saat ini, dengan ruang gerak yang terbatas bagi pelaku usaha, kegiatan webinar semacam ini dirasa efektif sebagai sarana berbagi informasi tanpa harus tatap muka secara langsung.