Tahun

Indeks Kepuasan

Rekomendasi

Tindak Lanjut

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

2017

76.77

Pelanggan perlu diberikan sosialisasi kejelasan prosedur pendaftaran, serta alasan

adanya pembatasan jumlah pelanggan untuk optimasi pelayanan agar

ekpektasi pelanggan bisa terjaga, (tidak over expected).

-    Dilakukan Kegiatan Sosialisasi, Bimbingan Teknis, dan Pelayanan Prima e- Registration Pendaftaran Pangan Olahan di seluruh Balai Besar/ Balai POM

-    Penugasan fasilitator dan evaluator di setiap Balai Besar/Balai POM

-    Publikasi/Penyebaran informasi melalui media sosial dan subsite

-    Coaching clinic/pendampingan bagi pelaku usaha

Januari - Desember 2017

 

Januari – Desember 2018

Sudah ditindaklanjuti

 

Masih dalam proses

Penyederhanaan Dokumen persyaratan pendaftaran

-  Simplifikasi dan deregulasi persyaratan registrasi pangan olahan :

-  Tidak dipersyaratkan penyerahan dokumen hasil analisa

-  Penerapan alur notifikasi untuk produk kategori risiko rendah dan sangat rendah, produk SNI Wajib, Program Manajemen Risiko (PMR), dan produk single MD

- Penerbitan sertifikat elektronik izin edar pangan olahan

- Tidak dipersyaratkan dokumen Surat Izin Pengambilan Air (SIPA)

- Simplifikasi persyaratan izin usaha industri menjadi Izin Usaha Mikro Kecil dan Surat Keterangan Domisili Usaha untuk UMKM

-  Pengujian produk oleh Balai Besar/Balai POM jika di wilayah kerja Balai Besar/ Balai POM tidak terdapat fasilitas laboratorium yang terakreditasi

- Balai Besar/ Balai POM melakukan sampling dan uji terhadap produk UMKM , hasil uji dapat dijadikan dokumen pendaftaran

Mei, Agustus 2017

Februari, Maret 2018

Sudah ditindaklanjuti

Optimasi sumber daya,
sarana-prasarana pendukung, dan sistem (termasuk SOP) untuk meningkatkan
pelayanan

Selalu melakukan peningkatan dan perbaikan pelayanan secara kontinyu dibahas pada rapat tinjauan manajemen

Juli , November 2018

Dalam proses

Disediakan Aplikasi pendaftaran melalui HP sehingga lebih memudahkan pengguna

Diusulkan pada kegiatan Restrukturisasi Aplikasi e-registration

2019

Dalam proses

Disediakan menu berbahasa inggris/ada pilihan bahasa

Diusulkan pada kegiatan Restrukturisasi Aplikasi e-registration

2019

Dalam proses

Perbaikan pada javascript website agar tidak sering error ketika menginput data

Diusulkan pada kegiatan Restrukturisasi Aplikasi e-registration

2019

Dalam proses

Pembekalan pada petugas konsultasi dan evaluator, sehingga dapat memberikan informasi yang jelas terkait proses pendaftaran

Dilakukan kegiatan persamaan persepsi melaui milist kampangan, whatsApp group, rapat forum koordinasi lintas sektor, dan Pencerahan Tim Penilai Keamanan Pangan

Januari - Desember 2017

 

Januari – Desember 2018

Sudah ditindaklanjuti

 

Masih dalam proses

Dilakukan pelatihan tingkat dasar dan pelatihan medium untuk meningkatkan pengetahuan petugas, serta pelatihan soft competency pegawai, dan mengikuti Pertemuan/Pelatihan baik di dalam maupun luar negeri tentang pangan olahan

Januari - Desember 2017

 

Januari – Desember 2018

Sudah ditindaklanjuti

 

Masih dalam proses

Memaksimalkan dan
memfungsikan dengan baik akses konsultasi (telepon, email, kotak saran, ULPK) terutama layanan telepon karena masyarakat menilai telepon merupakan alat komunikasi yang paling efektif

Telah disediakan layanan :

- Livechat pada subsite registrasipangan.pom.go.id

- call center : 081399133050 dan (021) 4244691 (Ext 1057)

- email : penilaianpangan@pom.go.id
dengan jam pelayanan pada hari kerja

Februari 2018

Sudah ditindaklanjuti

Sebaiknya pendaftaran tidak harus ke Jakarta (bisa di BPOM daerah)

-   Sejak Januari tahun 2018, seluruh pendaftaran produk pangan termasuk BTP didaftarkan secara online melalui e-registration

-   Telah ditetapkan petugas fasilitator dan evaluator di seluruh Balai Besar/Balai POM untuk memfasilitasi konsultasi registrasi pangan olahan di daerah

Januari 2018

Sudah ditindaklanjuti

Optimasi sumber daya,
sarana-prasarana pendukung, dan sistem (termasuk SOP) untuk meningkatkan
pelayanan

Selalu melakukan peningkatan dan perbaikan pelayanan secara kontinyu dibahas pada rapat tinjauan menejemen

Juli , November 2018

Dalam proses