FAQs Tanpa BTP (Label)

Pangan Olahan yang mencantumkan informasi tanpa BTP pada Label Pangan hanya dapat mencantumkan informasi berupa keterangan:
a. Tanpa Pemanis Buatan;
b. Tanpa Pengawet;
c. Tanpa Pewarna Sintetis;
d. Tanpa Antioksidan; dan/atau
e. Tanpa Penguat Rasa.
Informasi tanpa BTP pada Label Pangan dicantumkan setelah daftar bahan yang digunakan. Menggunakan huruf dengan ukuran yang sama dengan komposisi, tidak boleh di bold dan di highlight.
Untuk jenis BTP yang beririsan fungsi dengan zat gizi, maka penambahan zat gizi tersebut menyebabkan tidak diizinkannya mencantumkan informasi tanpa BTP yang dimaksud.

Tidak boleh

Informasi tanpa BTP dapat dicantumkan dengan keterangan atau pernyataan “bebas BTP”, “tidak menggunakan BTP”, “tidak menambahkan BTP”,‟tidak terdapat BTP‟,‟tidak mengandung BTP‟ atau yang semakna.

Misalkan produk akan mencantumkan informasi tanpa BTP pemanis buatan:
- Pastikan bahwa pada komposisi tidak digunakan BTP pemanis buatan.
- Upload spesifikasi semua bahan yang digunakan pada komposisi yang mencantumkan komponen penyusunnya. Pastikan bahwa bahan baku yang digunakan tidak mengandung BTP carry over pemanis buatan.
- Jika tidak dapat melampirkan spesifikasi semua bahan, maka lakukan uji pada produk akhir dengan hasil tidak terdeteksi untuk semua jenis pemanis buatan.